javascript hit counter √ Pengertian Seni, Macam-Macam Serta Fungsinya √ Pengertian Seni, Macam-Macam Serta Fungsinya
traffic histat

Pengertian Seni

Defiksi – Istilah seni pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Pengertian seni adalah ungkapan perasaan manusia yang menyimpan unsur estetika atau membahas keindahan dan mengekspresikannya dengan suatu media yang nyata, dan dapat dirasakan oleh panca indera manusia.

Belum puas dari penjelasan diatas? yuk simak ulasan defiksi berikut ini mengenai apa itu seni.

Pengertian Seni Secara Umum

Istilah seni sendiri berasal dari kata Sansekerta “Sani” yang artinya persembahan atau pemujaan. Dalam kehidupan masyarakat pada umumnya seni sangat erat kaitannya dengan upacara adat atau keagamaan atau yang biasa dikenal dengan kesenian daerah.

Menurut pendapat Padma Pusphita, istilah seni berasal dari bahasa Belanda yaitu “Genie” yang artinya jenius. Seni yang dalam bahasa Inggris adalah “Art” artinya seni visual.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengertian seni secara umum merupakan produk yang mengandung unsur keindahan, diciptakan oleh manusia dan bertujuan untuk mendapatkan kesenangan

Seni sengaja diciptakan manusia dengan unsur keindahan yang dikandungnya, sehingga dapat mempengaruhi perasaan orang lain yang melihat atau mendengarnya.

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Beberapa ahli juga memberikan pendapatnya tentang arti seni. Berikut pendapat beberapa ahli tentang apa itu seni.

1. Aristoteles

Menurut pendapat Aristoteles, seni adalah kegiatan meniru alam dengan wujud atau cara berekspresi dan penampilannya yang tidak pernah menyimpang dari realitas atau realitas yang ada.

Baca Juga  Download Source Code Aplikasi Push Notification Untuk Android

2. Alexander Baum Garton

Alexander Baum Garton mengungkapkan pendapatnya tentang seni yang berkaitan dengan keindahan dan memiliki tujuan positif untuk membuat penontonnya senang.

3. Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Devantara berpendapat bahwa seni adalah hasil dari keindahan yang mampu mempengaruhi perasaan indah siapapun yang melihatnya, oleh karena itu setiap tindakan manusia dapat berdampak dan membangkitkan perasaan indah yang disebut seni.

4. Immanuel Kant

Makna seni menurut Kant adalah mimpi yang mengalir menjadi sebuah karya, karena rumusan tertentu tidak dapat mewujudkan realitas atau kenyataan.

5. James Murko

James Murko berpendapat bahwa seni adalah penjelasan mengenai perasaan takjub yang terpendam dalam jiwa manusia. Menurutnya, kesenian ini lahir atau diciptakan dengan penghubung berupa medium atau medium komunikasi yang bisa diserap oleh panca indera manusia, baik penglihatan maupun pendengaran, atau perantara gerak.

6. Leo Tolstoy

Lev Tolstoy mengemukakan pendapatnya tentang konsep seni sebagai ungkapan perasaan pencipta, guna menyampaikan apa yang dia rasakan kepada orang lain sebagai penikmat karyanya.

7. Hillary Bel

Definisi seni Hillary Bel adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan sebuah karya yang dapat menggugah hati atau menggugah rasa penasaran penonton untuk mengetahui siapa penciptanya.

8. Eric Ariyanto

Menurut Eric Ariyanto, seni adalah aktivitas spiritual (internal) yang tercermin dalam bentuk karya yang dapat membangkitkan rasa ingin tahu dan minat orang lain untuk mendengar atau melihatnya.

Macam-Macam Seni

Dari pendapat para ahli mengenai pengertian seni, perlu juga diketahui bahwa seni terbagi menjadi beberapa jenis. Berikut macam macam seni.

  • Seni Rupa: Merupakan karya visual berupa lukisan, lukisan, kriya, patung, multimedia, dan lain-lain, yang dapat dinikmati melalui penglihatan.
  • Seni Musik: Merupakan ciptaan manusia yang mengedepankan unsur bunyi dan tetap memperhatikan unsur lain seperti melodi, notasi musik dan harmoni yang enak didengar.
  • Seni Tari: Merupakan hasil kreativitas manusia berupa gerak tubuh yang mampu menciptakan keindahan. Seni tari menggunakan elemen suara dari seni musik yang berfungsi sebagai alat untuk mengkomunikasikan atau menyampaikan maksud dan tujuan tertentu dari koreografer kepada penonton yang melihatnya.
  • Seni Teater: Ini adalah karya seni yang mencoba memvisualisasikan imajinasi manusia yang terkait dengan perilaku makhluk hidup. Kesenian ini disajikan dalam bentuk adegan yang dilakukan oleh para pemainnya, baik secara individu maupun kelompok.
  • Seni Sastra: Ini adalah bentuk atau bentuk seni berupa kata-kata, seperti puisi atau kaligrafi, yang bisa dinikmati dengan mata dan telinga. Seni sastra bertujuan untuk menyampaikan kesan dan pesan penonton dengan indah.
Baca Juga  Download Source Code Project PHP Manajemen Surat Masuk dan Keluar

Fungsi Seni

Seni memiliki fungsi tersendiri yang terbagi menjadi 2 bagian yaitu fungsi individu dan fungsi sosial. Inilah fungsi seni.

1. Fungsi Individu

  • Misalnya, untuk memenuhi kebutuhan fisik, seniman menjadikan wadah seni unik sebagai pajangan rumah yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan fisik dan memberikan kenyamanan bagi pecinta seni.
  • Sebagai sarana pemuas kebutuhan emosi, agar seseorang dapat merasa senang, dicintai, sedih, emosional, marah, benci, dan perasaan lainnya untuk mengungkapkan perasaannya.

2. Fungsi Sosial

  • Berperan penting dalam dunia pendidikan. Nilai dan pengetahuan seni dapat dieksplorasi sebagai bentuk ekspresi diri dengan cara yang menyenangkan.
  • Untuk penyampaian pesan-pesan keagamaan yang dapat dilihat pada pakaian atau sandang, lagu-lagu rohani, prosesi upacara, kaligrafi, dll.
  • Untuk mempermudah menjelaskan sesuatu kepada orang lain. Misalnya, pembaca akan lebih mudah memahami kegunaan poster untuk mengkomunikasikan informasi menggunakan gambar yang menarik.
  • Sebagai alat ekspresi diri yang tujuannya adalah untuk menghibur diri sendiri dan orang lain yang melihatnya.

Hasil seni dapat dinikmati melalui auditory atau audiovisual, visual atau visual, dan gabungan atau audiovisual.

Dari penjelasan di atas, kamu sekarang sudah lebih paham tentang arti seni dan jenisnya kan? Seni diciptakan bukan tanpa tujuan, tetapi memiliki fungsi tersendiri, berguna bagi kehidupan individu maupun sosial.

Virtual Address

Search Engine Google, Bing, Yahoo, Baidu, Yandex and Duckduckgo