javascript hit counter Makanan Tinggi Garam yang Perlu Diwaspadai - Defiksi.com √ Makanan Tinggi Garam yang Perlu Diwaspadai

Makanan Tinggi Garam yang Perlu Diwaspadai

Makanan Tinggi Garam yang Perlu Diwaspadai – Menjaga konsumsi makanan yang tinggi penyedapnya menjadikan salah satu tindakan penting untuk melindungi tekanan darah tetap stabil dan menjaga kesehatan jantung. Jika makanannya tidak dibatasi, makanan yang banyak mengandung garam bisa menambah resiko tekanan darah tinggi dan permasalahannya.

Garam merupakan mineral kristal yang terbuat dari natrium (sodium) dan klorida. Pada umumnya garam digunakan untuk bumbu masakan dapur, garam juga bisa digunakan untuk pengawet makanan juga penyedap rasa, tekstur, dan warna makanan.

Kandungan yang ada digaram bermanfaat untuk mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit pada tubuh, membantu kinerja serta fungsi saraf, dan mengendalikan peregangan otot tubuh.

Namun, manfaat dari garam ini untuk kesehatan tubuh jika kebanyakan dikonsumsi, bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi atau meningkat dan memicu hipertensi. Akan tetapi jika kita mengkonsumsi garam sesuai takaran, yaitu tidak lebih dari satu sendok teh atau setara 1.500 miligram.

makanan tinggi garam

Penyakit yang dikarenakan terlalu banyak mengonsumsi garam ini bisa menimbulkan bermacam masalah, seperti penyakit jantung, stroke dan kerusakan ginjal.

Jenis Makanan Tinggi Garam

Makanan dengan kadar garam tinggi tidak semuanya berasal dari makanan yang rasanya asin sebab banyak diberi bumbu garam. Lalu makanan seperti apa yang mengandung bahan tersebut? Berikut Makanan tinggi garam yang perlu diwaspadai

1. Makanan Cepat Saji

Kebanyakan makanan cepat saji biasanya mengandung natrium yang tinggi dan kalori. Contohnya pada Mie Instan, yang mana mengandung sekitar 750-950 miligram natrium. 

Baca Juga  Cara Menjaga Kesehatan Saat New Normal

Sementara itu, kandungan natrium seperti pada satu porsi ayam goreng cepat saji dapat mencapai 2.100 miligram, pada kentang goreng juga mengandung natrium yang tinggi.

Selain itu, ikan yang diasap atau ikan panggang, ikan asin, daging ham, sosis, dan bermacam jenis makanan beku lainnya juga mengandung makanan tinggi garam.

2. Produk Olahan Susu

Produk pada olahan susu merupakan salah satu sumber yang mengandung kalsium dan vitamin D. Namun, jika terlalu sering mengonsumsinya juga tidak baik bagi kesehatan pada tubuh kita.

Produk susu dan beberapa olahannya, seperti margarin, mentega dan keju mengandung garam dalam jumlah banyak sekitar 60–400 miligram natrium.

3. Makanan Kaleng

Makanan yang dikemas pada kaleng, seperti ikan kalengan, makanan kornet, pada umumnya mengandung garam yang tinggi, rata-rata kandungan yang ada di dalam kemasan kaleng sekitar 200-700 miligram per porsinya.

Tidak hanya itu, buah dan sayuran pada kemasan kalengan juga termasuk dalam makanan tinggi garam. Pada umumnya dalam setengah kaleng sayur bisa mengandung natrium sekitar 350–500 miligram.

4. Cemilan

Siapa yang tak kenal yang namanya cemilan, pastinya tau bahkan cemilan bisa kita konsumsi setiap harinya. Akan tetapi makanan tinggi garam ada pada cemilan juga, terutama yang rasanya asin atau gurih.

Seperti keripik goreng, jamur krispi, kulit ayam goreng dan gorengan lainnya, ini mengandung natrium sekitar 250-400 miligram seporsinya. Jumlah garam pada cemilan ini lebih tinggi jika ditambah penyedap lainya.

5. Sereal Instan dan Biskuit

Sereal kemasan juga mengandung natrium yang tinggi dan banyak mengandung gula, walaupun banyak diantara kita yang menonsumsinya pada saat sarapan.

Pada satu porsi sereal kemasan bisa mengandung sekitar 200-300 miligram natrium. Ini belum termasuk kadar natrium dari susunya lagi.

Baca Juga  Download Source Code Sistem Pakar Analisis Tingkat Kebutuhan

Selain sereal kemasan, biskuit, kue kering, donat, pancake dan lainnya juga rata-rata mengandung natrium sekitar 400-800 miligram per porsinya.

6. Minuman Kemasan

Pada minuman instan seperti jus kemasan tentunya mengandung berbagai zat-zat aditif, yang mana zat tersebut untuk mempertahankan rasa dan kualitas, salah satunya adalah natrium.

Rata-rata minuman pada kemasan mengandung 700 miligram natrium per 200 miligram. Padahal natrium pada buah aslinya tidak sebanyak itu, contohnya tomat yang mengandung 11 miligram natrium.

Oleh karena itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan penting juga untuk membaca nilai gizi pada setiap kemasan.

Selain 6 jenis makanan atau minuman di atas, ada juga jenis makanan atau minuman tinggi garam yang kita tidak ketahui seperti kecap, saus, asinan, acar, dan berbagai bumbu masakan instan lainnya.

Menghindari Makanan Tinggi Garam

Kelebihan garam bisa berakibat pada kesehatan tubuh kita, jika kita punya kebiasaan mengonsumsi makanan kadar garam tinggi secara sering. Cobalah untuk mengurangi asupan makanan tersebut demi kesehatan pada tubuh kita.

Adapun cara menghindari makanan tinggi garam yang bisa kita coba, di antaranya:

1. Batasi dan Kurangi Porsi Makan

Pertama, mulailah dengan mengurangi porsi makanan yang banyak mengandung garam. Jika kita sering ngemil khususnya makanan tinggi garam, coba untuk mengganti makanannya yang lebih sehat seperti rujak.

2. Olah Masakan Sendiri

Dibandingkan makanan instan, lebih baik kita buat makanan sendiri dari bahan pangan yang baik dan masih segar. Ketika memasak makanan, kurangi penyedap rasa, kadar garam, MSG, penyedap rasa, kecap, atau saus. Maka makanan yang kita buat akan lebih sehat karena mengandung garam atau natrium yang lebih sedikit.

Baca Juga  Download Source Code Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Gigi

3. Cermat Dalam Membeli Kemasan

Ketika sedang berbelanja kebutuhan pokok, periksalah kadar natrium yang ada pada label kemasan, jangan terlalu sepele dengan hal ini, walau banyak diantara kita yang jika belanja asal ambil aja tanpa melihit nilai gizi pada produk kemasan tersebut.

Akhir Kata

Apabila cara-cara tersebut diterapkan dalam kehidupan sehari hari dan konsisten, beriringnya waktu kebiasan kita mengonsumsi makanan yang memiliki kadar garam tinggi akan berkurang.

Referensi: alodokter.com/daftar-makanan-tinggi-garam-yang-perlu-diwaspadai

Demikianlah makanan yang mengandung garam yang tinggi. Baca juga kategori terkait. Terimakasih telah berkunjung.

Virtual Address

Search Engine Google, Bing, Yahoo, Baidu, Yandex and Duckduckgo