javascript hit counter Aturan Cover Lagu di Youtube Aturan Cover Lagu di Youtube
traffic histat

Aturan Cover Lagu di Youtube

Defiksi – Saat ini lagi ramai diperbincangkan soal aturan cover lagu di youtube. Berdasarkan peraturan yang berlaku, meng-cover suatu karya musisi atau meminjam lagu milik orang lain memang memerlukan izin.

Kehadiran musisi atau penyanyi dalam industri musik Indonesia sebenarnya dinilai positif oleh pengamat musik Bens Leo, selama musisi tersebut menghormati pencipta lagu atau musisi aslinya.

Namun yang terjadi saat ini adalah banyak orang yang menyanyikan atau mengarang lagu orang lain tanpa izin. Faktanya, banyak orang tidak meminta izin dari pencipta lagu atau penyanyi aslinya, sehingga ketika penyanyi atau musisi cover tersebut menjadi populer, pencipta lagu lah yang merugi. Komposer seharusnya mendapatkan hak atas lagu yang mereka cover.

Dia merujuk pada aturan “menutupi” lagu di luar negeri yang mengharuskan penyanyi populer bernegosiasi dengan penulis lagu. “Namun, di negara kita ini sering tidak terjadi,” kata Bens.

Nyatanya, karya musik berhak cipta harus memiliki lisensi jika tidak dibawakan oleh penulis lagu atau penyanyi aslinya. Untuk lagu yang dibawakan dalam ruang pertunjukan berbayar, penulis lagu berhak menerima 2% dari nilai biaya produksi pertunjukan.

Aturan Cover Lagu

Jadi, jika Anda ingin membuat “cover” dari lagu favorit Anda, Anda harus memperhatikan 5 etika berikut. Intinya, Anda lebih menghargai karya pemilik lagu.

1. Ketahui Nama Musisi yang Ingin Anda Cover

Aturan cover lagu youtube yang pertama perlu anda ketahui siapa sebenarnya musisi yang menyanyikan lagu-lagu yang akan anda “cover” nanti. Dengan cara ini Anda bisa menyadari sepenuhnya bahwa ini adalah lagu orang lain dan Anda tidak bisa begitu saja mengunggahnya di media sosial.

2. Tuliskan Penghargaan Untuk Judul dan Deskripsi Video

Penulisan kredit untuk judul dan deskripsi adalah salah satu cara untuk mengapresiasi karya musisi aslinya. Warga negara perlu mengetahui bahwa lagu yang Anda nyanyikan adalah milik orang lain dan bukan bahwa Anda memiliki kuasa atas lagu tersebut.

Baca Juga  Fakta Unik Indonesia

Pastikan Anda mengeja judul dan deskripsi dengan benar. Jika perlu, Anda juga dapat menambahkan tanggal rilis, penulis lagu, dan nama label musisi. Jika versi asli dari lagu tersebut ada di Internet, YouTube, Soundcloud, atau yang lainnya, sertakan tautan dalam deskripsi.

3. Bukan Untuk Tujuan Komersial

Ya, ini sangat penting, membuat cover untuk tujuan komersial itu salah. Jangan tergiur dengan keuntungan yang ditawarkan, meski lagu tersebut bukan milik Anda. Kecuali jika Anda sudah memiliki lisensi dengan penyanyi asli dan juga perjanjian pembagian perangko.

4. Tidak diProduksi Secara Massal

Memproduksi cover dalam jumlah besar juga merupakan pelanggaran. Merilisnya dalam bentuk fisik seperti CD dan menjualnya ke masyarakat umum akan menjadi kesalahan besar. Musisi asli dapat mengambil tindakan hukum untuk menyelesaikan masalah ini.

Dan menjualnya ke masyarakat umum adalah kesalahan besar. Musisi asli dapat mengambil tindakan hukum untuk mengatasi masalah ini.

5. Tidak di Masukkan Ke Dalam Aplikasi Dengar Musik Online

Masih sama seperti di atas, rilis lagu “cover” pada aplikasi mendengarkan musik online juga melanggar aturan. Ada banyak aplikasi mendengarkan musik di internet yang sedang berkembang. Padahal, dengan merilis lagu di sana, Anda akan mendapat untung yang lumayan. Apalagi sekarang orang lebih suka mendengarkan musik online daripada membeli album fisik.

Selain itu, perlu diingat, meskipun Anda telah melakukan etika aturan cover lagu dari 5 yang disebutkan di atas, penyanyi asli tetap memiliki hak penuh atas lagu tersebut. Kelima etika di atas merupakan cara lain dalam mengapresiasi karya sang pemilik lagu. Jika suatu saat pemilik lagu meminta Anda untuk menghapus “versi cover” dari karyanya, Anda harus menerimanya

Baca Juga  Download Source Code Aplikasi Desktop Perhitungan Biaya

Ini adalah penjelasan untuk masalah kesuksesan saat ini. Sekarang Anda tahu lebih banyak tentang mekanisme dalam dunia musik. Bijaklah dalam membuat cover.


Referensi :

  • lifestyle.bisnis.com/read/20190618/254/934940/meng-cover-lagu-orang-lain-mesti-ikut-aturan
  • web.facebook.com/groups/Ensiklopediabebas2/permalink/685379975486684/

Virtual Address

Search Engine Google, Bing, Yahoo, Baidu, Yandex and Duckduckgo