javascript hit counter Aplikasi Website Seleksi Jurusan SMA Aplikasi Website Seleksi Jurusan SMA
traffic histat

Aplikasi Website Seleksi Jurusan SMA

Berkembangnya teknologi mendorong kemajuan digital. Berbagai proses kegiatan mulai banyak melibatkan kebutuhan digital. Sebut saja dalam dunia pendidikan, bahkan proses pendaftaran sekolah pun sekarang telah menggunakan sistem digital. Tujuannya tentu untuk mendorong kemajuan industri 4.0 di Indonesia. Untuk memaksimalkan kebutuhan pendidikan, kita juga dapat membuat aplikasi website seleksi jurusan SMA.

Tujuannya adalah untuk efektivitas waktu dan efisiensi selsi siswa dalam menentukan jurusan yang berdasarkan kemampuan siswa. Aplikasi ini dapat dirancang berdasarkan pada kriteria yang diinginkan oleh sekolah dalam menyeleksi siswa mereka.

Mengenal Metode Seleksi Pada Aplikasi

Ada banyak metode yang digunakan untuk aplikasi berbasis sistem pengambilan keputusan. Pada website seleksi jurusan, metode yang digunakan dalam membangun algoritma adalah Simple Additive Weighting (SAW). Metode ini memberikan keputusan berdasarkan pada nilai kriteria dan juga memprioritaskan bobot berdasarkan tingkat kepentingannya.

Rancangan Source Code Aplikasi Website Seleksi Jurusan

Rancangan source code website seleksi jurusan SMA dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Bahasa pemrograman PHP mendukung pembuatan website dengan tampilan yang dinamis. Selain itu agar pemakaian server menjadi maksimal dan tidak terganggu, digunakan source code HTML5. Penggunaan HTML5 tidak dapat berdiri sendiri karena itu dibutuhakan bahasa pemrograman lain yaitu source code CSS dan javascript. Fungsinya adalah untuk menghasilkan halaman front end yang baik.

Fitur Pada Aplikasi Website Seleksi Jurusan SMA

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur user friendly serta tampilan UX menarik, fitur yang dimiliki diantaranya:

  1. Login
  2. Kriteria
  3. Alternatif
  4. Perhitungan
  5. Password
  6. Logout

Masing-masing fitur dirancang dengan source code CRUD agar input data dapat dilakukan secara efisien. Berikut ini uraian untuk masing-masing fitur.

  1. Login, fitur yang dibangun dengan source code database untuk membatasi akses pengguna khusus akun terdaftar.
  2. Kriteria, fitur yang digunakan untuk input data diri peserta didik yang ingin memilih penjurusan. Fitur ini akan terkoneksi dengan database mysql serta memiliki nilai crips yang menjadi pertimbangan untuk pembobotan jurusan nantinya.
  3. Alternatif, fitur yang digunakan untuk menginput data utama seperti nilai dan prestasi yang pernah diperoleh. Data ini menjadi pertimbangan utama dalam pembobotan jurusan di SMA.
  4. Perhitungan, fitur yang dibangun dengan algoritma Simple Additive Weighting (SAW) untuk mengakumulasikan bobot. Setelah bobot terakumulasi, sistem akan melakukan filtering untuk menentukan jurusan berdasarkan nilai bobot tersebut.
  5. Password, fitur untuk kebutuhan keamanan akun yang hanya diketahui pemilik akun.
  6. Logout, fitur untuk keluar dari halaman akun tanpa menghapus data didalamnya.
Baca Juga  Aplikasi Website Desa/Kelurahan Full Source Code

Spesifikasi Perangkat Lunak

Bagi kamu yang ingin membangun aplikasi website seleksi jurusan SMA, dibutuhkan perangkat yang mendukung processor Intel Core i7 dan juga memiliki minimal RAM 3GB.

Virtual Address

Search Engine Google, Bing, Yahoo, Baidu, Yandex and Duckduckgo