javascript hit counter Aplikasi SPK Seleksi Penerimaan Kerja Berbasis Website Aplikasi SPK Seleksi Penerimaan Kerja Berbasis Website
traffic histat

Aplikasi SPK Seleksi Penerimaan Kerja Berbasis Website

Kecanggihan teknologi telah mengantarkan kita pada sistem yang bersifat digital. Salah satunya dalam proses penerimaan kerja. Saat ini banyak perusahaan lebih memilih menggunakan aplikasi untuk seleksi pekerja. Aplikasi SPK seleksi penerimaan kerja berbasis website merupakan salah satu contoh aplikasi yang banyak dikembangkan. Tentunya setiap aplikasi dibangun dengan metode dan tampilan yang berbeda.

Namun pada umumnya pada sistem pengambilan keputusan yang berkaitan dengan penerimaan kerja banyak menggunakan metode profile matching. Karena metode ini memungkinkan untuk mencari pekerja berdasarkan kriteria perusahaan yang bersangkutan.

Metode Untuk Membangun Aplikasi

Metode yang digunakan untuk membangun aplikasi sistem pengambilan keputusan adalah profile matching. Algoritma ini memungkin untuk menyeleksi calon pekerja berdasarkan kriteria yang diinginkan perusahaann

Source Code Aplikasi SPK Seleksi Penerimaan Kerja

Pembuatan website menggunakan bahasa pemrograman PHP dan didukung dengan source code database mysql. Penggunaan source code php dan mysql dapat memberikan tampilan website penerimaan kerja yang dinamis dan user friendly.

Source code mysql berfungsi untuk membantu proses penyimpanan dan pengelolaan data. Misalnya menyimpan data user yang diberikan akses untuk login. Ataupun menyimpan data berkas syarat untuk penerimaan kerja. Sistem UX juga didukung dengan source code bootstrap untuk menghasilkan halaman front end yang baik.

Fitur Pada Aplikasi SPK Seleksi Penerimaan Kerja

Aplikasi ini dilengkapi dengna fitur yang sederhana dan user friendly, diantaranya:

  1. Login
  2. Alternatif
  3. Aspek
  4. Kriteria
  5. Profile
  6. Perhitungan
  7. Password
  8. Logout

Masing-masing aplikasi memiliki fungsi yang berbeda, berikut uraian dari fitur diatas:

  1. Login, fitur untuk memberikan hak akses hanya pada pengguna yang terdaftar dalam sistem.
  2. Alternatif, fitur untuk menyimpan data pencari kerja yang diinput pada aplikasi. Fitur ini dilengkapi dengan source code CRUD sehingga memungkinkan pengguna untuk melakukan perubahan jika portal tersebut dibuka oleh sistem.
  3. Aspek, fitur yang menyimpan variabel penilaian calon pegawai. Fitur ini akan menyimpan data dengan menggunakan source code mysql kemudian menggunakannya untuk proses algoritma profile matching.
  4. Kriteria, fitur yang serupa seperti aspek untuk memiliki penilaian yang lebih spesifik sehingga dapat dikatakan sebagai filter taap dua untuk menyeleksi calon pegawai yang tidak memiliki poin yang cukup.
  5. Profile, fitur yang menyimpan database sebagai pembanding untuk penilaian calon pegawai. Terlebih setiap perusahaan tentu memiliki kriteria yang berbeda.
  6. Perhitungan, fitur untuk mengakumulasikan poin yang didapat calon pegawai yang mendaftar seleksi kerja tersebut.
  7. Password, fitur keamanan untuk akses halaman akun pribadi.
  8. Logout, fitur untuk meninggalkan halaman akun.
Baca Juga  Aplikasi Informasi Penggajian Karyawan

Spesifikasi Perangkat Lunak

Untuk menjalankan aplikasi SPK seleksi penerimaan kerja berbasis website dibutuhkan piranti yang mendukung browser, diantaranya Chrome, Mozilla, dan Edge.

Virtual Address

Search Engine Google, Bing, Yahoo, Baidu, Yandex and Duckduckgo